Sabtu, 07 Maret 2020

Produk dan Jasa Konstruksi Valve di Medana

Hubungi 081-1656-2065 untuk mendapatkan layanan dan informasi dari Harga Ongkos Upah Produk dan Jasa Konstruksi Valve di Medana

Jasa Instalasi Pipa di Medan

Valve (Katup) adalah alat atau benda alami yang mengatur, mengarahkan atau mengendalikan aliran fluida (gas, cairan, padatan terfluidisasi, atau bubur) dengan membuka, menutup, atau sebagian menghalangi berbagai lorong. Katup adalah alat kelengkapan teknis, tetapi biasanya dibahas sebagai kategori terpisah. Dalam katup terbuka, fluida mengalir searah dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Kata ini berasal dari bahasa Latin valva, bagian yang bergerak dari pintu, pada gilirannya dari volvere, untuk berbalik, berguling.

Katup yang paling sederhana, dan sangat kuno, hanyalah flap berengsel yang bebas yang menghalangi aliran cairan (gas atau cairan) dalam satu arah, tetapi didorong terbuka oleh aliran dalam arah yang berlawanan. Ini disebut katup periksa, karena mencegah atau "memeriksa" aliran dalam satu arah. Katup kontrol modern dapat mengatur tekanan atau aliran hilir dan beroperasi pada sistem otomasi canggih.

Katup memiliki banyak kegunaan, termasuk mengendalikan air untuk irigasi, keperluan industri untuk mengendalikan proses, penggunaan perumahan seperti on / off dan kontrol tekanan untuk pencuci piring dan pakaian serta keran di rumah. Bahkan aerosol memiliki katup mungil. Katup juga digunakan di sektor militer dan transportasi. Dalam saluran udara HVAC dan aliran udara dekat atmosfer lainnya, katup malah disebut peredam. Namun, dalam sistem udara tekan, katup digunakan dengan jenis yang paling umum adalah katup bola.

1.     GATE VALVE


Gerbang katup adalah jenis katup yang digunakan untuk membuka aliran dengan cara mengangkat gerbang penutupnya yang berbentuk bulat atau persegi panjang.
Gate Valve adalah jenis valve yang paling sering dipakai dalam sistem perpipaan. Yang mengaktifkannya untuk dibuka dan ditutup aliran.
Gerbang katup tidak memerlukan aliran kecil besar dengan aliran terbuka atau terpisah posisi, Gerbang posisi kanan pada katup ini harus benar-benar terbuka (terbuka penuh) atau benar-benar tertutup (tutup penuh). Jika posisi gerbang setengah terbuka maka akan terjadi turbulensi pada aliran tersebut dan turbulensi ini akan menyebabkan:
a) Akan terjadi pengikisan sudut-sudut gerbang.
laju aliran fluida yang turbulensi ini dapat mengikis sudut-sudut gerbang yang dapat menyebabkan erosi dan pada akhirnya katup tidak dapat bekerja dengan sempurna.
b) Terjadi perubahan pada posisi dudukan gerbang pemilihannya.
Gerbang penutup akan terjadi pengayunan terhadap posisi dudukan (kursi), sehingga lama kelamaan posisi nya akan berubah terhadap dudukan (kursi) sehingga katup penutup maka gerbang penutupnya tidak akan tergantung pada posisi yang tepat, sehingga dapat menyebabkan  lewat .
Ada 3 jenis gate valve:
1. Katup Stem Gate Meningkat;
jika menggunakan handwheel naik dan batang juga naik


1. Tubuh
2. Bonnet
3. Kursi
4. Disk
5. Batang
6. Kursi belakang
7. Pengepakan
8. Kelenjar
9. Pengikut kelenjar
10. Kuk
11. Kacang batang
12. Handwheel

2. Katup Gerbang Batang Tidak Meningkat;
jika di opersikan handwheel tetap dan stem juga tetap.


3. Katup Gerbang Sekrup Luar & Yoke;
jika di operasikan handwheel tetap tapi stemnya naik.
Rising Stem & Non Rising Stem digunakan untuk tekanan yang tidak terlalu tinggi, dan tidak cocok untuk getaran. Di luar Screw & Yoke Gate Valve sangat cocok digunakan untuk tekanan tinggi. Biasanya OS & Y banyak digunakan di lapangan minyak, medan yang tinggi, suhu tinggi. Karena pada OS & Y batang naik atau turun bisa dijadikan penanda. Contoh, setuju batang tinggi itu menandakan posisi katup sedang buka penuh. Pada dasarnya tubuh & bonet pada gerbang dibuat dari bahan yang sama.

Keuntungan menggunakan Gate Valve:

1.Tekanan rendah drop waktu buka penuh
2.Amat ketat dan cukup bagus waktu penyelesaian penuh
3.Bebas kontaminasi
4.Sebagai Gerbang penyelesaian penuh, sehingga tidak ada tekanan lagi. Cocokkan akan melakukan layanan / perbaikan pada pipa

Kerugian menggunakan Gate Valve:

1.Tidak cocok digunakan untuk memisahkan, karena akan menimbulkan turbulensi sehingga dapat menyebabkan erosi dan perubahan posisi gerbang pada dudukan
2.Untuk membuka dan menutup katup perlu waktu yang panjang dan dibutuhkan torsi / torsi yang tinggi;
3.Untuk ukuran 10 “keatas tidak cocok dipakai untuk uap.

2.   Globe Valve

Globe Valve adalah jenis Valve yang digunakan untuk laju aliran fluida dalam pipa.

Prinsip dasar dari operasi Globe Valve adalah gerakan tegak lurus dari dudukannya. Hal ini mengatur ruang cincin antara disk dan cincin kursi bertahap sedekat Katup ditutup.

Globe Valve, yaitu: Z-body, Y-body dan Angle- body:

 ~ Z-Body desain adalah tipe yang paling umum yang sering dipakai, dengan diafragma membentuk Z. Posisi dudukan disk horizontal dan pergerakan batang disk tegak lurus terhadap pipa pipa atau dudukan disk. Bentuknya yang simetris memudahkan dalam pembuatan, instalasi dengan baik perbaikannya.

~ Y-Body desain adalah alternatif untuk penurunan tekanan tinggi. Posisi dudukan disk dan batang (batang) ber sudut 45˚ dari Arah aliran fluidanya. Jenis ini sangat cocok untuk tekanan tinggi
Desain Angle-Body adalah modifikasi dasar dari Z-Valve. Jenis ini digunakan untuk mentransfer aliran dari vertikal ke horizontal.


Macam-macam bentuk Disc / plug dari Globe Valve:
Sebuah. Ketik Pasang Disk
b. Disk Pengatur Tipe
c. Disk datar
d. Tipe soft seat disk
e. Disk panduan tipe
Keuntungan menggunakan Globe valve adalah:
Kemampuan dalam menutup baik.
Kemampuan throttling (Cukup lancar).
Kelemahan utama penggunaan Globe Valve adalah:
Penurunan tekanan lebih tinggi dibandingkan dengan Gate Valve
Katup ukuran besar membutuhkan daya yang cukup atau aktuator yang lebih besar untuk digunakan
3.  BALL VALVE
Ball Valve adalah katup atau katup dengan pengontrol aliran berbentuk disc bulat (seperti bola / belahan). Bola itu memiliki lubang, yang ada di tengah-tengahnya sehingga membentuk lubang seperti itu atau lurus dengan ujung kanan, maka aliran akan terjadi.
Kecuali kompilasi tertutup, posisi lubang tertutup tegak lurus terhadap ujung katup, maka aliran akan terhalang atau tertutup.


Katup bola banyak digunakan karena kemudahannya dalam perbaikan dan kemampuan untuk menahan tekanan dan suhu tinggi. Tergantung dari bahan apa yang mereka buat, Bal Katup dapat menahan tekanan hingga 10.000 Psi dan dengan suhu sekitar 200 derajat Celcius.

Ball Valve digunakan secara luas dalam aplikasi industri karena sangat beragam, dapat menahan tekanan hingga 1000 barel dan suhu hingga 482 ° F (250 ° C). Ukurannya biasanya berkisar 0,2-11,81 inci (0,5 cm sampai 30 cm).

Ball Valve dapat dibuat dari logam, plastik atau pun dari bahan keramik. Bolanya sering digunakan chrome untuk membuatnya lebih tahan lama.

Ada 2 tipe Ball Valve yaitu:

katup bola bore penuh


Full bore ball valve adalah tipe ball valve dengan diameter lubang bolanya sama dengan diameter pipa. Jenis bola katup penuh biasanya digunakan pada blow down, jalur piggable, manifold produksi, pipa dll.

b. Mengurangi katup bola bore


Katup bore ball tereduksi adalah jenis ball valve yang diameter lubang bolanya tidak seukuran dengan ukuran pipa. Diameter minimum dari bola diameter yang lebih kecil dari ukuran diameter yang sebenarnya. Misalnya ukuran diameter pipa 4 inci dan diameter bola valve adalah 3 inchi.

4. Butterfly Valve

Butterfly Valve adalah katup yang dapat digunakan untuk mengisolasi atau mengalirkan aliran. Mengambil bentuk disk. sistem pengoperasiannya mirip dengan ball valve, yang memungkinkan cepat untuk menutup. Katup Kupu-kupu umumnya disukai karena mahal di banding katup jenis lain. desain valvenya lebih ringan dalam berat dibandingkan jenis-jenis katup yang lain. Biaya pemeliharaan biasanya lebih rendah karena jumlah bagian yang bergerak minimal.
Sebuah  katup kupu-kupu,  diilustrasikan pada Gambar di bawah ini, adalah  gerakan berputar  yang digunakan untuk menghentikan, menerjemahkan, dan memulai aliran fluida. Butterfly Valve dengan mudah dan cepat untuk dioperasikan karena rotasi 90o yang digerakkan oleh handwheel dengan menggerakkan disk dari tertutup penuh ke posisi terbuka penuh.


Butterfly Valve sangat cocok untuk penanganan arus besar cairan atau gas pada tekanan yang relatif rendah dan untuk penanganan bubur atau cairan padatan tersuspensi dengan jumlah besar.

5.   Periksa Valve

Periksa katup adalah alat yang digunakan untuk membuat aliran fluida hanya mengalir ke satu Arah saja atau agar tidak terjadi aliran terbalik / aliran balik.

Aplikasi valve jenis ini dapat dijumpai pada outlet / discharge dari pompa sentrifugal.

Saat laju aliran fluida sesuai dengan Arahnya, laju aliran ini akanmembuat plug atau disk dibuka. Jika ada tekanan yang datang dari Arahberlawanan, maka pasang atau disk tersebut akan ditutup.

Jenis-jenis periksa katup:

Sebuah. Katup Periksa Swing

periksa jenis katup ini terdiri atas disk seukuran dengan pipa yang digunakan, dan dirancang untuk dipasang pada poros (engsel pin) di bagian atas. Ketika terjadi aliran maju atau aliran foward, maka disk akan terdorog oleh tekanan sehingga terbuka dan mudah mengalir menuju saluran keluar. Sementara membalikkan aliran balik atau membalikkan aliran, tekanan fluida akan mendorong cakram menutup rapat jadi tidak ada fluida yang mengalir. Semakin tinggi tekanan balik semakin rapat disk dipasang pada dudukannya.

b. Angkat Katup Periksa


Penggunaan untuk uap fluida, gas, maupun cairan yang memiliki aliran yang tinggi.
dalam konfigurasinya mirip dengan globe valve hanya saja pada globe valve putaran disk atau valve dapat dimanipulasi sementara pada lift check valve tidak (karena globe globe adalah jenis valve putar dan control valve).

Port inlet dan outlet yang dipasang oleh plug berbentuk kerucut yang diletakkan di atas dudukan, umumnya berbahan logam. Ketika terjadi aliran foward, colokan akan terdorong oleh tekanan sehingga lepas dari dudukannya dan fluida akan mengalir ke saluran keluar. Sementara membalikkan terjadi aliran, tekanan fluktuasi membalikkan akan menempatkan plug pada dudukannya, semakin besar tekanan semakin pertemuan pula posisi plug pada dudukannya, sehingga fluida tidak dapat mengalir.

bahan dari dudukan plug adalah logam, hal ini mempertimbangkan tingkat pengembalian yang sangat sedikit dari katup ini. Naik angkat periksa katup digunakan untuk aplikasi fluida gas karena tingkat kebocoran yang kecil. Penggunaan check valve lift tipe ini di industri adalah untuk mencegah aliran balik kondensat ke steam trap yang dapat menyebabkan korosi pada turbin uap. Keuntungan menggunakan lift check valve terletak pada kesederhanaan desain dan kebutuhan sedikit pemeliharaan. Kelemahannya adalah instalasi dari check valve jenis lift hanya cocok untuk pipa horizontal dengan diameter yang besar.

c. Katup periksa air kembali

Back water valve, banyak digunakan pada sistem pembuangan air bawah tanah yang mencegah aliran balik dari saluran pembuangan saat terjadi banjir. Saat banjir saluran pengeluaran akan penuh dan terkuat sehingga memungkinkan aliran balik, dengan menggunakan katup air belakang, hal ini dapat diatasi dengan baik.

d. Katup Periksa Wafer Jenis Ayun

Dalam penggunaan, periksa katup angkat dan katup angkat hanya untuk pipa ukuran besar (diameter DN80 atau lebih). jadi sebagai solusinya adalah dengan menggunakan katup cek wafer. Dengan menggunakan wafer ceck valve dapat digunakan tabung dengan ukuran yang mengerucut pada satu sisinya sehingga dapat diaplikasikan pada pipa yang lebih kecil ukurannya.

e. Katup Periksa Disk

valve jenis ini terdiri atas body, spring, spring retainer dan disc. Prinsip melepaskan adalah saat terjadi aliran foward, maka disk akan didorong oleh tekanan fluida dan mendorong pegas sehingga ada kebocoran yang menyebabkan aliran fluida dari inlet menuju outlet. Setelah dikembalikan terjadi sebaliknya, tekanan fluida akan mendorong disk jadi menutup aliran fluida
Perbedaan tekanan diperlukan untuk membuka dan menutup jenis katup ini dan ini ditentukan oleh jenis pegas yang digunakan. Selain pegas standar, tersedia juga beberapa pilihan pegas yang tersedia:
Tidak ada pegas –  digunakan di mana perbedaan tekanan di katup kecil.
Nimonic spring –  Digunakan dalam aplikasi suhu tinggi.
Tugas berat pegas –  Hal ini meningkatkan tekanan pembukaan yang dibutuhkan. Bila dipasang pada saluran air umpan boiler, dapat digunakan untuk mencegah boiler uap dari kebanjiran kompilasi mereka tidak bertekanan.

f. Katup periksa cakram terpisah


periksa jenis katup ini terdiri dari disk yang bagian tengahnya terdiri dari poros yang memungkinkan disk bergerak terbagi dua jika didukung dari arah yang benar (foward flow) dan tutup rapat jika didukung dari arah yang salah (aliran balik).
6. Katup Pengaman
Katup pengaman adalah jenis katup yang mekanismenya mengeluarkan zat otomatis dari boiler, Bejana tekan, atau sistem, kompilasi tekanan atau temperatur melebihi batas yang telah ditetapkan.
Katup pengaman pertama kali digunakan pada ketel uap selama Revolusi industri.
Cara kerja Pressure Safety Valve:
Pressure savety valve memiliki tiga bagian utama yaitu inlet, outlet dan spring set. Fluida tertekan pada inlet PSV. PSV posisi tertutup selama tekanan fluida lebih kecil dibandingkan tekanan pegas pada pegas ditetapkan. Lebih tepatnya dibandingkan dengan pegas set maka pegas akan bergerak naik dan pindahkan yang akan mengeluarkan tekanan melalui outlet hingga tekanan fluida maksimal sama dengan tekanan pegas




PT. SINARTECH MULTI PERKASA
Jl. Sutomo Ujung No.70-72 Medan Timur,
 Medan Sumatera Utara, Indonesia

Telepon: (061) 42068877
Hp / WA: 08116562065/08116062065 / 0853-2020-2054
Faks: (061) 42068877

Email: pt.sinartech.me@gmail.com
Situs web:       http://www.sinartechmultiperkasa.co.id
Situs web:       https://detradingindo.co.id
Situs web:       https://www.workshop.myartikel.com
Facebook:        https://www.facebook.com/sinartechmultiengineering
https://web.facebook.com/Pt- Sinartech -Multi-Perkasa-191290628133892 /

Kami PT. Sinartech Multi Perkasa menerima yang meliputi :

Jasa Pemasangan Rangka Bangunan
Jasa Pemasangan Struktur Baja
Jasa Pemasangan Struktur Beton
Jasa Pemasangan Baja Ringan
Jasa Pemasangan Neon Box
Jasa Pemasangan Videotron
Jasa Pemasangan Baliho
Jasa Pemasangan Gipsun
Jasa Pemasangan Keramik
Jasa Pemasangan Batako
Jasa Pemasangan Gorong-gorong
Jasa Pemasangan Paving Block
Jasa Pemasangan Pintu Air
Jasa Pemasangan Lift Barang
Jasa Pemasangan Pagar
Jasa Instalasi Listrik
Jasa Instalasi Pipa
Jasa Penggalian Tanah
Jasa Pemadatan Tanah
Jasa Pengadaan Lorry
Jasa Pengadaan Crane
Jasa Pengadaan Drumtruck
dan Lainnya.
Menerima Pengecoran Logam (Foundry), Bahan Besi Cor, Besi Cor, Stainless Steel, Baja Paduan, Perunggu, Aluminium, Dll
MELAYANI
Perusahaan Makanan, Perusahaan Kimia, Perusahaan Otomotif, Perusahaan Minyak & Gas, Perusahaan Farmasi, Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit.
Kami juga ada suplly Bahan seperti:
PLAT KAPAL | BAJA STAINLESS | PIPA GALVANIS | JADWAL PIPA SCH 40 | JADWAL PIPA SCH 80 | BESI BAJA H BEAM | BESI BAJA PLAT | BESI BAJA WF | BESI H BEAM | BESI BETON | BESI HOLLOW PIPA KOTAK | BESI KANAL C CNP | BESI KANAL U UNP | BESI PIPA | BESI SIKU | BESI WF | BESI HOLLOW | BESI UNP / CNP | BESI WIREMESH | ATAP BONDEK | ATAP SPANDEK | BAJA RINGAN | PAGAR BRC | BRONJONG | KAWAT DURI | BESI BETON ULIR.

Kami juga menerima Pemesanan di Wilayah Kota Medan, Pekan Baru, Palembang, Jambi, Aceh dan Dihadiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar